Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Pemberdayaan Anggota PPK Dalam Prmanfaatan Sereh Sebagai Bahan Produksi Sabun Lantai di Desa Sukasari Kabupaten Seluma Tahun 2023

Ditulis Oleh : Krisyanella, M.Farm.,Apt ; Resva Meinisasti, M.Farm.,Apt ; Heti Rais Khasanah, M.Sc.,Apt; Nadia Pudiarifanti, M.Sc.,Apt ; Zamharira Muslim, M.Farm.,Apt ; Avrilya Iqoranny Susilo, M.Pharm.Sci., Apt ; Dira Irnameria, M.Si ; Delta Baharyati, M.S.Farm.,Apt Dosen Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Akademisi Program Studi Diploma III Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu memberikan pendampingan terhadap Ibu-ibu PKK dan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Desa Sukasari, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.  Pada kegiatan ini, tim memberikan pendampingan untuk menghasilkan Sabun Lantai dari Minyak Sereh Wangi.

Potensi dari Desa Sukasari Kabupaten Seluma adalah tanaman kelapa dan Sereh. Kabupaten Seluma ikut serta dalam program Pengembangan Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN). Dari program ini Desa Sukasari menampilkan inovasi berupa alat pembuat minyak sereh. Desa Sukasari telah melakukan pengembangan prosuk berbahan sereh salah satunya adalah minyak sereh.

Saat Sosialisasi kepada masyarakat 

 

Peningkatan nilai tambah produk sereh wangi juga dapat diolah sebagai bahan tambahan produk lain seperti sabun lantai dimana jika diproduksi oleh masyarakat setempat dapat memberi nilai tambah, adopsi teknologi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dosen Poktekkes saat menjelaskan cara meracik sereh

Berdasarakan pertimbangan tersebut, maka Tim Dosen Program Studi DIII Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang diketuai oleh Krisyanella,M.Farm.,Apt bersama dengan Tim Dosen dan Mahasiswa,  melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ke Desa Sukasari, Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Kamis 16 November 2023.

Diharapakan dengan kegiatan ini Desa Sukasari melalui kegiatan Bumdes dan Ibu-Ibu PKK dapat mengembangkan usahanya dengan memberikan pelatihan pembuatan, pengemasan, pelabelan produk turunan minyak atsiri dalam hal ini Sabun Lantai Minyak Sewreh Wangi sehingga usaha tersebut dapat berkembang dan dapat memasarkan produknya sampai ke pasar atau toko-toko yang ada.

Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan. Pada tahap pertama, dilakukan pemberian informasi terkait sediaan yang dapat dikembangkan dari minyak sereh wangi, pada tahap ini dilakukan pemberian informasi, diskusi dan pembagian quisioner terkait informasi yang diberikan. Pada tahap kedua, tim pengabdian masyarakat memberikan demontrasi atau peragaan teknis pembuatan produk sabun lantai, pelabelan, dan  pengemasan produk serta juga memberikan motivasi kewirausahaan sehingga mampu bersaing dan memberikan nilai tambah bagi Desa Sukasari. Pada tahap ini peserta diberikan kesempatan untuk membuat sediaan sabun lantai secara mandiri dengan menggunakan booklet sebagai panduan. Pada kegiatan terlihat peserta dapat menguasai dengan baik proses pembuatan sabun lantai, dimana peserta dapat menghasilkan sediaan yang baik.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dapat berjalan lancar sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya dan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Desa Sukasari , terkhusus ibu-bu PKK dan Bumdes, tentang pembuatan Sabun Lantai Sereh Wangi dengan cara yang sederhana dan bahan yang mudah didapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page