Dinas Pendidikan dan Kebubudayaan Provinsi Bengkulu, Ingin Pelaksanaan Dana BOS Akurat dan Tepat

BENGKULU, newsikal.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu gelar rapat penatausahaan keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Selasa (27/6/2022). Rapat ini dihadiri sejumlah pihak terkait dalam pelaksanaan dana BOS diantarannya bendahara.

Selain dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Syahjudin, M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd, juga dihadiri Narasumber dari kantor pajak Rizki Rio Pratama dan Inspektur Provinsi Bengkulu Dr. M. H. Heru Susanto, S.E.,M.M.,CGCAE.

Dalam arahannya, Syahjudin menginginkan tim BOS dalam membuat laporan harus sesuai dan mengikuti kaidah format pelaporan dana BOS. Itu terkhusus untuk bendahara, karena tim BOS ini sangat berperan besar dalam pelaksanaannya.

“Agar penyerapannya maksimal dan pelajarannya lebih dalam, harus dilaksanakan bimbingan teknis. Karena, tahun belakangan ini sangat direpotkan dengan permasalahan tim yang turun ke lapangan, baik dari tim PPK maupun dari tim BPKP dan Inspektorat,” ucapnya.

Sedangkan itu, dijelaskan Rizki Rio Pratama, bahwa APBN 83% sumbernya dari pajak bukan dari sumber daya alam. Dimulai dari tahun 1983 hingga sekarang, untuk anggaran APBN dananya direalokasikan ke daerah.

“Disinilah fungsi pajak sebagai retistribusi suatu daerah. Mungkin penerimaan pajaknya kurang, tapi nanti bisa menerima lebih,” cetusnya.

Di sisi lain, Dr. M. H. Heru Susanto, semoga dana BOS yang telah disalurkan tersebut dapat membantu kebutuhan sekolah sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Dana bantuan keuangan dari pemerintah perlu dipertanggungjawabkan dengan baik sesuai aturan, juknis, regulasi yang ada secara baik, tepat dan akurat.

“Bendahara BOS tiap sekolah harus melampirkan biodata dan rekening koran tahap I dan II, karena rapat koordinasi ini membahas adanya kebijakan terkait penyaluran Dana BOS secara umum dan khusus,” ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, data Dana BOS harus balance dan sinkron. Karena, data dan informasi terkait dana BOS juga merupakan salah satu pembahasan utama dalam Rapat Koordinasi kali ini.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button