Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Jemput Bola, Dukcapil Kota Bengkulu Rekam KTP ODGJ di Rskj Soeprapto Bengkulu

BENGKULU, newsikal.com – Tim Reaksi Cepat (TRC) menjadi instrumen bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kota Bengkulu untuk membantu masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan, kali ini dengan melakukan perekaman 18 Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Rskj Soeprapto Bengkulu, Kamis (29/2/2024).

Kadis Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo mengatakan perekaman e-KTP ODGJ sebagai tindak lanjut surat dari direktur Rskj Soeprapto Bengkulu yang dimana ada beberapa pasien yang belum memiliki dokumen kependudukan.

“Karena saat ini sistem administrasi sudah by nik by name, jadi ketika kita tidak dapat masuk kepada sistem maka proses untuk pembuatan BPJS kesehatannya akan terkendala,” ujarnya,

Disamping perekaman e-KTP ODGJ, Dukcapil juga melaksanakan program Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk pegawai di Rskj. IKD ini merupakan KTP elektronik yang berbentuk digital.

“Kita berterimakasih untu pihak rumah sakit, pegawainya sangat antusias mengikuti program IKD. Untuk tahun ini kita target 30 persen sudah terekam di IKD,” ujarnya

Widodo juga menyampaikan terimakasih atas kolaborasi antara Dukcapil dan Rskj untuk mempercepat pembuatan data kependudukan.

“Untuk secara teknis pembuatan BPJS kesehatan, Dukcapil hanya menyediakan data kependudukan nantinya pihak rumah sakit yang memfasilitasi pembuatan BPJS,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Rawat inap dan rehabilitasi Rskj Soeprapto Bengkulu, Rahmat mengatakan bahwa ini merupakan upaya dari Rskj untuk mendata pasien yang terlantar agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibiayai oleh negara.

“Kami berterimakasih atas respon cepat dari Dukcapil sehingga 18 pasien kami sudah melakukan perekaman. jika NIK sudah ada kami akan mendaftarkan ke dinsos dan Dinkes agar di daftarkan ke BPJS kesehatan,” tukasnya (fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page