Provinsi Bengkulu akan Punya Pelabuhan Perikanan Skala Nasional di Seluma

BENGKULU, newsikal.com – Salah satu mimpi besar Provinsi Bengkulu akan terwujud tahun depan. Pasalnya, pelabuhan perikanan berskala nasional akan segera dibangun di Kabupaten Seluma.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, SP. Dikatakannya bahwa pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Provinsi Bengkulu.

Nilai positifnya, pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan alternatif di Provinsi Bengkulu.

“Ini akan menjadi pusat perikanan nasional yang ada di wilayah Sumatera, khususnya yang terpusat di Provinsi Bengkulu. Kami terus menggagas semua keinginan, anggaran, dukungan untuk kepentingan pelabuhan perikanan ini sudah kami siapkan,” jelasnya.

Diceritakannya, memang banyak pelabuhan perikanan yang selama ini bermasalah dan terkendala akses, bahkan dukungan sarana dan fasilitas. Karena terbatasnya anggaran daerah.

Berbeda dengan pelabuhan ini, memang sejak 2014 seluruh pelabuhan perikanan memang sudah diserahkan ke pemerintah provinsi. Termasuk Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) yang akan dibangun di Seluma ini merupakan milik provinsi, namun akan dibangun oleh Pemerintah Pusat berskala nasional.

Dijelaskannya juga, guna mendukung laju pembangunan PPN, pihaknya sudah menganggarkan anggaran Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) di APBD Perubahan Provinsi Bengkulu 2022.

“Perubahan anggaran 2022 ini, di ujung tahun kembali kami anggarkan untuk biaya amdalnya. Karena syarat untuk melakukan pembangunan adalah studi amdalnya dan ini sudah kami anggarkan di APBD perubahan,” ungkapnya.

Ia pun meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu segera menindaklanjutinya. Termasuk lahan PPN yang menjadi tugas Pemerintah Kabupaten Seluma.

“Semoga saja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi cepat menuntaskannya sehingga tidak ada lagi kendala di tahun depan dan APBN turun untuk membangun sarana fisik pelabuhan ini. Lalu, Pemerintah Kabupaten Seluma yang akan mempersiapkan lahan,” tukasnya.

Bagi Jonaidi, terpilihnya Seluma sebagai lokasi pembangunan PPN merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat Seluma. Bahkan ia menyebutkan ini merupakan kado dari pemprov dan pusat untuk masyarakat Seluma, khususnya nelayan yang ada di seluruh pesisir Kabupaten Seluma karena mendapatkan alokasi pembangunan berskala nasional.

“Tentu sebagai DPRD Dapil Seluma, Fraksi Gerindra, serta Komisi II sangat mendukung serta meminta masyarakat Kabupaten Seluma khususnya untuk mendukung juga program pembangunan ini. Karena ini akan berdampak besar dengan peredaran uang, perputaran ekonomi, dan laju kesejahteraan nelayan,” demikian Jonaidi. (Prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page

Close