Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Salah satu Program Gratis Petani Yaitu, Alsintan Gratis

BENGKULU, newsikal.com-Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu saat ini kembali digencarkan, lantaran sebelumnya sempat terhenti dua tahun terakhir akibat terjangan pandemi Covid-19. Salah satunya program bidang pertanian yaitu program pengadaan alsintan gratis untuk petani, berupa hand traktor, kultivator, mesin air, dan hand sprayer.

Menurut Gubernur Rohidin Mersyah, alsintan dan alat pertanian lainnya yang diberikan kepada kelompok tani merupakan bantuan yang sudah menjadi hak petani dari anggaran pemerintah daerah yaitu APBD dan disetujui wakil rakyat (DPRD).

Untuk itu dirinya berharap, setelah hak petani ini diterima, alat pertanian tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Memang secara keseluruhan belum mencukupi, tapi secara bertahap hak petani ini kita program terus. Sehingga sarana penunjang pertanian di Bengkulu dari waktu ke waktu semakin baik,” jelas Rohidin usai pimpin penyerahan bantuan alsintan kepada Kelompok Tani Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Selasa, 27 September 2022.

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, tujuan petani itu ingin produksi pertanian optimal dan harga jual yang layak. Oleh karena itu menurutnya, untuk mendapatkan hal tersebut, petani harus melakukan tiga hal yaitu semangat dan kemauan, kemampuan atau SDM petani cukup, dan tersedianya alat pertanian.

“Kalau ketiganya ada maka saat berangkat ke lahan pertanian atau perkebunan itu bisa melangkah dengan yakin dan bisa dipastikan hasil pertanian akan maksimal,” imbuh Rohidin.

Ditambahkan Kadis TPHP Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan, bantuan alsintan pertanian pada tahap ini diberikan kepada 75 Kelompok Tani Kota Bengkulu dan 20 Kelompok Tani Bengkulu Tengah.

“Jadi ada 5 hand traktor, 10 pompa air, 200 hand sprayer masing-masing 5 unit kepada setiap kelompok dan 430 terpal. Kami harapkan alsintan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani,” ujar Ricky.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi yang turut hadir dalam agenda penyerahan bantuan alsintan ini menegaskan komitmen DPRD dalam mendukung penganggaran alsintan yang memang menjadi kebutuhan petani.

“Tentu ke depan kami akan terus menganggarkan bantuan Alsintan dan bantuan lainnya yang menjadi penunjang bagi para petani di Provinsi Bengkulu. Ini komitmen kami dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan perlindungan terhadap hak-hak petani. Kami akan selalu memprioritaskan karena ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu sangat bergantung kepada para petani,” tegasnya.

Jonaidi pun memastikan, bantuan alsintan tidak hanya disalurkan ke kelompok tani di Kota Bengkulu atau Bengkulu Tengah saja, namun juga menyusul ke kabupaten-kabupaten lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page