Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Kenalkan Produk Olahan Gurita, Desa Linau Gelar Gurita Fest

KAUR, newsikal.com – Wakil Bupati kaur Herlian Muchrim, ST secara langsung membuka kegiatan Festival Gurita di Pelabuhan Linau, Rabu (18/10/2023).

kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini Menyajikan berbagai olahan gurita yang siap santap diantaranya Pangsit Gurita, Stik Gurita, empek empek gurita, brownies gurita, serta tongkol panggang, ikan asap, keripik pisang rasa gurita hingga makanan olahan lainnya.

Wakil Bupati kaur Herlian Muchrim, ST dalam sambutanya mengatakan pengelolaan sumber daya laut merupakan sebuah agenda yang diprioritaskan dalam rencana pembangunan yang ada di Provinsi Bengkulu, hal ini tertuang dalam misi pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam semangat untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

“Demikian pula dengan misi Pemerintah Kabupaten kaur yang salah satunya melakukan penataan, pengelolaan kawasan pesisir dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengolah dan mengelola potensi yang tersedia di desa masing-masing dengan skema industri kreatif,” Ujar Wabup

Wabup menuturkan Kabupaten Kaur sebagai salah satu wilayah yang memiliki kawasan maritim yang cukup luas, maka dari itu pemerintah daerah dan dinas terkait akan memastikan pengelolaan tersebut dengan baik, yang mengedepankan upaya mencapai kesejahteraan rakyat dan kelestarian lingkungan hidup termasuk sumber daya laut dan pesisir di dalamnya.

“Pengelolaan Kelautan Berbasis Komunitas (CBMM) merupakan sebuah gagasan yang dirumuskan oleh akar yayasan untuk ditawarkan kepada masyarakat, khususnya dalam merespon dampak perubahan iklim, perkembangan ekonomi dan serta kebijakan di indonesia terkait tata kelola sumber daya alam,” Tutur Wabup

Dikatakan Wabup gagasan tersebut berangkat dari praktik lokal dan pola ketahanan masyarakat pesisir di linau dan desa merpas, dalam menghadapi dinamika ruang hidup dan sumber penghidupan nelayan kecil.

Lanjut Wabup, Kabupaten Kaur merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki potensi gurita terbesar di provinsi bengkulu. artinya kabupaten kaur kaya akan menjadi sumber daya laut. Untuk itu pengelolaannya harus dikuatkan melalui sebuah kebijakan mengenai pengelolaan wilayah penangkapan

“Khususnya wilayah tangkap gurita, selain itu linau sudah ditetapkan menjadi lokasi desa perikanan cerdas oleh kementerian kelautan RI, sehingga pengelolaan bersama harus menjadi model dalam menggerakkan potensi di desa linau ini,” cetusnya

Wabup berharap kegiatan yang digagas seperti ini oleh lembaga-lembaga swasta di kabupaten kaur menjadi lebih banyak agar kedepan kabupaten bertajuk Bumi se’ase seijean ini dapat lebih baik terutama di sektor pariwisata bahari, kelautan dan perikanan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page