Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Usin Sembiring Beri Tips Cegah Berita Hoax

BENGKULU, newsikal.com – Kaum milenial atau generasi Z (Gen Z). Khususnya di Provinsi Bengkulu dinilai harus mampu dalam membentengi diri dari hoax. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH.

Menurutnya, kaum milenial atau Gen Z merupakan generasi yang lahir di era digital.

Mereka sangat aktif menggunakan media sosial, termasuk untuk mengakses informasi. Namun, Gen Z juga rentan terhadap hoax karena mereka masih belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang matang.

“Hoax sendiri merupakan informasi yang tidak benar dan sengaja disebarkan untuk tujuan tertentu. Hoax dapat menimbulkan keresahan dan kebingungan di masyarakat. Bahkan, hoax juga dapat memecah belah bangsa,” kata Usin.

Maka dari itu, lanjut Usin, Gen Z harus mampu membentengi diri dari hoax. Mereka harus memiliki kemampuan berpikir kritis untuk menyaring informasi yang diterima. Secara garis besar, ada beberapa tips untuk membentengi diri dari hoax.

“Pertama melakukan pengecekan sumber informasi. Dimana sebelum membagikan atau mempercayai informasi, cek terlebih dahulu sumbernya. Pastikan sumber informasi tersebut kredibel, seperti media massa terpercaya atau lembaga pemerintah,” jelas Usin.

Kemudian cek tanggal dan waktu informasi, cek fakta atau kebenaran dari sebuah informasi, dan terakhir jangan mudah terprovokasi.

“Dengan menerapkan tips-tips sederhana tersebut, Gen Z dapat membentengi diri dari hoax dan terhindar dari dampak negatifnya,” pungkasnya (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page