Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Jelang Libur Natura, Pemkab Mukomuko Minta Pengelola Wisata Terapkan SOP Keselamatan

MUKOMUKO, newsikal.com — Menjelang hari libur Natal dan tahun baru. Dipastikan tempat wisata alam akan diramaikan aktivitas mulai dari sekedar berlibur hingga berkemah. Maka dari itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. Pengelola wisata yang ada di Mukomuko diminta untuk memperhatikan standar keselamatan, sehingga pengunjung wisata bisa mendapatkan jaminan keselamatan tersebut. Hal ini di sampaikan Plt Kepala Dinas pariwisata pemuda dan olahraga (Disparpora) Mukomuko Juni Kurnia Diana S.IP.

Terkait keselamatan ini sangat penting, dimiliki untuk memerkecil terjadi kecelakaan pada saat pengunjung berlibur yang dapat menyebabkan jatuhnya korban. Maka dari itu bagi pelaku Pariwisata di Mukomuko tidak boleh abai terhadap standar keamanan pengunjung.

“Kami sudah sampaikan kepada beberapa pelaku wisata, untuk dapat memperhatikan standar keselamatan. Karena baiknya standar keamanan, akan memperkecil terjadinya kecelakaan,”katanya.

Juni menambahkan, baik pelaku usaha di Pesisir Pantai, Danau, Air Terjun, dan Sungai semua sudah di minta untuk dapat memenuhi standar keselamatan. Mulai dari melengkapi sarana dan prasarananya, dan juga petugas yang siap membantu ketika terjadi hal yang tidak di inginkan. Karena sudah selayaknya pelaku usaha membantu menjaga nama baik pariwisata di Mukomuko sehingga tidak diragukan oleh masyarakat untuk berkunjung. Apalagi standar keamanan pariwisata ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 4 Tahun 2021, tentang Standar Kegiatan Usaha Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.

“Kami sangat terbuka dan tidak melarang pelaku usaha wisata untuk mengembangkan potensi yang dimiliki daerah, namun harus tetap menjaga dan memberikan kesan baik bagi pengunjung yang datang ke Mukomuko,”ujarnya.

Lanjutnya, Pemkab Mukomuko akan selalu mendukung pengembangan potensi wisata yang dilakukan pelaku usaha, baik dengan membangun sarana dan prasarana yang dapat membuat pengunjung nyaman. Maka dari itu Pemkab Mukomuko saat ini mulai mewajibkan setiap usaha khususnya tempat wisata wajib mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan tidak mengabaikan ketetapan pemerintah.

“Tempat wisata wajib punya standar penyelamatan. Terkait penegakan aturan tersebut tidak menutup kemungkinan kami bersama penegak Peraturan daerah (Perda) akan melakukan pengecekan tempat-tempat wisata yang memiliki resiko tinggi terkait standar keamanan nantinya,”tandasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page