Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Rakor SDI, Wawali Minta SDI Kota Bengkulu Mengola Data Akurat 

BENGKULU, newsikal.com – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi membuka secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Satu Data Indonesia (SDI) tingkat Kota Bengkulu tahun 2023 di Hotel Nala Sea Side, Kamis (22/6).

Rakor tersebut sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan juga Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 19 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan SDI tingkat Kota Bengkulu.

SDI adalah kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Hal ini dinilai sangat penting karena Pemerintah telah menetapkan 3 program strategis nasional yang berpotensi menjadi pilot project dalam penataan sistem data dan informasi seperti program Sustainable Development Goals (SDGs), program UMKM dan program bantuan sosial.

Pada kesempatan ini, Wawali Dedy berharap SDI di Kota Bengkulu bisa terwujud dengan menghimpun dan mengelola data sektoral yang akurat sesuai dengan prinsip SDI.

“Jika satu data ini terwujud tentu semua OPD atau produsen data akan mudah menjalankan program mereka dengan tepat sasaran. Kita harus komitmen untuk memenuhi kebutuhan data,” ungkap Dedy.

Pada intinya, SDI ini bertujuan untuk menyatukan, memperbaiki dan memasukan data dari OPD selaku produsen data sebagai bahan untuk penyusunan daftar data terkait statistik sektoral, serta menyepakati daftar kebutuhan data yang telah ditandatangani oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu selaku pembina data, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu selaku Walidata, Bappeda Kota Bengkulu selaku Walidata Pendukung dan perwakilan OPD selaku Walidata Pendukung dan produsen data.

Untuk mewujudkan hal tersebut, narasumber-narasumber berkompeten pun dihadirkan pada koordinasi forum SDI ini diantaranya Bappeda Provinsi Bengkulu yang diwakili Wakil Ketua Sekretariat SDI Provinsi Bengkulu Anggadi granang, Kepala BPS Kota Bengkulu Marwansyah selaku Pembina Data, serta Kadis Kominfo selaku Walidata yang diwakili Kepala Seksi Statistik Nugroho Tri Putra. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

You cannot copy content of this page